DOMPET USAHA
disana anda dapat menggunakan semua fitur-fitur untuk mempermudah anda dalam menyusun laporan keuangan. berikut adalah fitur-fitur yang ada ada pada Aplikasi Dompet Usaha beserta penjelas dan cara penggunaannya.
1. Beranda
dalam tools beranda terdapat 2 tools yaitu data Perusahaan dan Data Pengguna.
Data perusahaan adalah form dimana berisi segala tentang usaha kita. sementara Data pengguna adalah tools user yang dapat menggunakan akun perusahaan anda dalam aplikasi Dompet Usaha. salah satu kelebihan dari Aplikasi Dompet Usaha adalah MultiUSer dimana dalam Satu Akun Perusahaan atau Usaha dapat digunakan oleh beberapa user dimana setiap user memiliki email dan password tersendiri. artinya anda tidak perlu memberikan akun anda kepada pegawai anda untuk menggunakan aplikasi Dompet usaha.
⇶Cara menambahkan User Pada Akun Dompet Usaha :
- pada tampilan utama arahkan kursor ke arah beranda, setelah itu akan muncul 2 tools, kemudian klik Data Pengguna
Setelah itu anda akan diarahkan ke form formulir untuk mendaftarkan User pengguna. isi formulir tersebut sesuai dengan data Pengguna
- Setalah semua formulir di isi, pada kolom hak akses dan status ubah hak akses. terdapat 4 hak akses yang di sediakan oleh Dompet Usaha diantaranya Owner (pemilik usaha), Admin, Kasir, dan gudang. karena User Pertama adalah Owner Maka pada data Pengguna anda bisa memilih hak asses antara admin, kasir, dan gudang.
- pada kolom status yang terletak disamping kanan hak ases ubah disable menjadi Aktive agar User Data Pengguna dapat digunakan secara keseluruhan. setelah itu klik Simpan Data
2. Data Utama
1. Data KAS Perusahaan
⇶Cara membuat Data KAS Perusahaan :
1. setelah login kedalam akun Dompet usaha
2. Masuk ke Data Utama lalu pilih Data Kas Perusahaan
3. Selanjutnya tambah data kas peruhaan, klik tombol tambah
4. Isi Data kas sesuai perusahaan, di bagian “digunakan oleh” pilih pengguna yang menggunakan kas lalu klik button “tambah data”
5. Selanjutnya klik button Tambah
2. Kode Perkiraan
kode perkiraan adalah sebuah form yang berisi daftar dari akun-akun perusahaan yang digunakan untuk mengidentifikasi atau memperlancar proses pencatatan transaksi baik itu pemasukan atau pengeluaran. dengan adanya kode perkiraan maka laporan tentang uang yang masuk atau keluar akan tercatat sistematis.
⇶Cara membuat kode Perkiraan :
setelah login, kita akan masuk ke dalam form utama dari aplikasi, setelah itu arahkan kursor ke arah data utama pada menu bar yang terletak di atas
pada menu bar data utama pilih / klik kode perkiraan, maka kita akan diarahkan pada form kode perkiraan
pada form kode perkiraan, klik tombol tambah berwarna hijau yang terletak pada sudut kiri atas sebelah teks kode perkiraan
setelah itu kita akan masuk pada form input kode perkiraan, pada form ini kita akan menginput kode perkiraan yang dimana :
pada kolom nama perkiraan diisi nama kode perkiraan seperti contoh beban gaji, beban sewa, pendapatan dari penjualan dan apapun yang mempengaruhi masuk dan keluarnya uang
klik centang pada pilihan “apakah perkiraan ini dilaporkan pada laba rugi” jika ingin laporan tersebut dilaporkan ke laba rugi
pada kolom normal balance terdapat 2 pilihan yaitu DEBIT atau KREDIT, debit artinya pertambahan uang sementara kredit artinya pengurangan uang. jika kode perkiraan adalah aktivitas yang membuat uang kita bertambah maka pilih debit namun jika aktifitas yang membuat uang kita berkurang maka pilih kredit.
relasi akun kas perusahaan adalah akun yang dimana kas digunakan baik itu uang masuk atau uang keluar. pada pembuatan kode perkiraan klik centang pada relasi akun kas yang kita miliki.
form keterangan adalah form catatan yang menjelaskan kode perkiraan. pada form ini kita akan membuat catatan yang akan menjelaskan tentang kode perkiraan yang kita buat agar dapat dipahami dan dimengerti
terakhir klik tombol tambah data yang terletak di bawah. selesai
3. Data Pelanggan
form data pelanggan adalah form identitas pelanggan dimana berisi informasi umum tentang pelanggan. dalam aplikasi ini untuk melakukan transaksi penjualan maka terlebih dahulu kita harus membuat data pelanggan. agar kita tahu dari mana saja uang masuk.
⇶Cara membuat Data Pelanggan :
setelah login, kita akan masuk ke dalam form utama dari aplikasi, setelah itu arahkan kursor ke arah data utama pada menu bar yang terletak di atas
pada menu bar data utama pilih / klik data pelanggan, maka kita akan diarahkan pada form data pelanggan
pada form data pelanggan, klik tombol tambah berwarna hijau yang terletak pada sudut kiri atas sebelah teks data pelanggan
isi data pada form data pelanggan tersebut, jika sudah selesai klik simpan data
4. Data Pemasok
⇶Cara membuat Data Pemasok :
1. Login ke dompetusaha.com
2. Masuk ke Data Utama lalu pilih Data Pemasok
3. Selanjutnya tambah data pemasok, klik tombol tambah
4. Isi Data Pemasok perusahaan lalu klik button “tambah data”
5. Data Pemasok berhasil ditambahkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar